Milenial Bakal Jadi Kekuatan Bank Syariah Indonesia

Milenial Bakal Jadi Kekuatan Bank Syariah Indonesia – Dalam usaha menjadikan Indonesia sebagai pusat Ekonomi Syariah dunia, pemerintah, lewat Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) melakukan penggabungan (merger) tiga Bank Syariah BUMN, yakni BRI Syariah (JK:BRIS), BNI (JK:BBNI) Syariah, dan Bank Syariah Mandiri.

Milenial Bakal Jadi Kekuatan Bank Syariah Indonesia

milenial-bakal-jadi-kekuatan-bank-syariah-indonesia

Pada tanggal 11 Desember lalu, ketiga bank ini resmi ditetapkan jadi PT Bank Syariah Indonesia bersama harapan akan mempunyai modal besar yang nantinya sanggup naik kelas jadi Bank Buku IV.

Menanggapi hal ini, Arief Rosyid Hasan dari Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) mengatakan, merger bank syariah ini merupakan langkah yang monumental dan bersejarah bukan cuma bagi masa depan perbankan Syariah di Indonesia namun terhitung di dunia.

“Faktor lain yang akan mendukung akselerasi kemajuan Bank Syariah Indonesia adalah kekuatan milenial baik di didalam maupun struktur tersebut. Di samping itu, kita terhitung perlu terus mengembangkan potensi bank digital, yang aku sebut bersama Bank 5.0. Sudah saatnya dua elemen ini bersinergi dan mendukung kemajuan ekonomi Syariah kita,” ujarnya didalam info yang di terima di Jakarta,

Di sisi lain, Iman Sastra Mihajat dari Oman Arab Bank menyampaikan, Indonesia terlampau berpotensi untuk mengejar Top 10 Bank Syariah dunia andaikan pemerintah menyimpan fokus di situ.

“Jika Indonesia menghendaki masuk ke didalam Top 10 Bank Syariah dunia, tidak sanggup berhenti di merger ketiga bank Syariah. Perlu tersedia konversi tidak benar satu bank konvensional BUMN jadi bank Syariah. Saya lihat langkah ini terlampau positif. Merger ketiga bank Syariah punya Himbara ini telah masuk ke radar global, tinggal bagaimana kita memainkannya di pasar international nanti,” ungkapnya.

Di sisi lain, Hendro Wibowo dari Ikatan Ahli Ekonomi Islam (IAEI) menambahkan, memang sementara ini dari hasil merger ketiga bank Syariah ini belum sanggup menggapai bank Buku IV, namun dirinya percaya didalam dua-tiga tahun kedepan sanggup menggapai bank buku IV.

“Di sisi lain, aku berharap, Bank Syariah Indonesia nantinya tidak jadi predator dari bank Syariah lainnya. Sebaliknya, merger ini membawa efisiensi dan menggarap sektor yang belum tersentuh.

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *