jutaan-investor-baru-masuk-ke-pasar-saham-china

Jutaan Investor Baru Masuk ke Pasar Saham China

Jutaan Investor Baru Masuk ke Pasar Saham China – Tak cuma di Indonesia, peningkatan investor yang masuk ke pasar saham lokal juga berjalan di China. Tercatat pada Desember, investor baru di Negeri Tirai Bambu raih 1,62 juta.

Jutaan Investor Baru Masuk ke Pasar Saham China

jutaan-investor-baru-masuk-ke-pasar-saham-china

agentura-prace.com – Angka tersebut naik dua kali lipat dibandingkan th. sebelumnya. Menurut China Securities Depository plus Clearing investor baru pada periode serupa 2019 cuma berada di angka 809.300 untuk bursa saham Shanghai dan Shenzhen.

Peningkatan tersebut memicu investor baru selama 2020 naik hingga 18,02 juta, menjadi 177,77 juta. Dari knowledge tersebut diketahui kenaikan 1,5 juta berjalan tiap tiap bulan, seperti dilansir CNBC, Jumat (22/1/2021).

Lonjakan ini berjalan saat banyak orang di seluruh dunia beralih ke perdagangan saham sementara bekerja di rumah karena pandemi COVID-19.

Selain rekening investor baru di China juga mengalami lonjakan th. lalu, lebih dari satu eminten juga sanggup menjadi yang terbaik di dunia, tidak benar satunya Shenzhen yang naik 38,7 persen dan CSI 300 naik 27,2 persen pada 2020.

Angka tersebut jauh meningkat dibandingkan S&P 500 yang naik 16,26 persen. Investor juga memiliki lebih banyak pilihan perusahaan di China.

Investor juga Beli Saham di Hong Kong

China Daratan dan Hong Kong berhasil menyumbang 40 persen dari penawaran lazim perdana dunia th. lalu. Shanghai Stock Exchange, juga berhasil menempati peringkat pertama di dunia dengan 233 IPO.

Tak cuma lonjakan pembelian di China daratan, investor juga dambakan belanja saham di Hong Kong. Hal ini karena banyak perusahaan besar dan kondang yang terdaftar di negara tersebut, seperti Tencent dan Meituan.

Perusahaan lain seperti JD.com juga mengadakan listing sekunder di Hong Kong th. lalu. Meski demikian, tekanan politik bagi perusahaan China untuk hengkan dari pasar AS juga mengalami peningkatan th. lalu.

Melalui program ‘connect’, Shanghai sanggup menorehkan transaksi hingga 334 miliar dolar Hong Kong atau USD 43,09 miliar. Sementara itu, pembelian lewat program yang serupa di Shenzhen meningkat lebih dari tiga kali lipat menjadi 338,11 miliar dolar Hong Kong.

Program Koneksi Saham

Program koneksi saham yang diluncurkan dalam lima th. terakhir sangat mungkin investor China daratan untuk memperdagangkan lebih dari satu saham di Hong Kong.

Sebaliknya, pembelian bersih saham Shenzhen dan Shanghai dari Hong Kong turun sedikit pada 2020. Minat China pada saham lokal selamanya tinggi selama th. ini, dengan volume perdagangan untuk saham-A yang terdaftar di daratan melebihi 1 miliar yuan pada 13 hari perdagangan pertama th. 2021 menurut knowledge Wind.

Shanghai composite berhasil menempati kunci level psikologis 3.600 selama lima tahun, tepatnya pada Kamis kemarin. Sedangkan komponen Shenzhen naik 7 persen th. ini dibandingkan 2020. Sementara itu, CSI 300 udah melonjak ke level tertinggi sejak Januari 2008.

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *